Renungan, khotbah dan kisah hidup yang membangun

Kunci Kemenangan Atas Pencobaan

Kunci Kemenangan Atas Pencobaan  (Kejadian 39:7-22)

Walau kita sudah di angkat sebagai orang percaya oleh Tuhan, namun tidak dapat di hindari kita akan tetap mengalami berbagai pencobaan. Kita sering di serang berbagai cara, karena iblis tidak suka kita mengabdikan diri kepada Tuhan.  Iblis mengodai kita bukan dari sisi kita yang kuat.
menang

Sebab pencobaan yang iblis berikan bukan utuk menguji kita, tetapi untuk menjatukan kita. Sehinga yang dia lakukan adalah mengincar bagian terlemah dari kita, yang memungkinkan untuk menggoyakan kita.

Orang percaya perlu sadar bahwa daging ini lemah. Kita harus menyadari dan mengenal diri kita, dimana kelemahan-kelemahan kita. Dan atas sisi-sisi lemah dalam diri kita itu kita serakan kepada Tuhan. Agar Tuhan yang memimpin kita.

Tapi kenyataan orang percaya merasa diri kuat, sehinga akhirnya tidak bisa mengalakan pencobaan yang dialaminya.

Di dalam nats hari ini kita dapat melihat suatu contoh kemenangan atas pencobaan yang di hadapi dalam diri Yusuf. Tindakan Yusuf yang menolak godaan istri Potifar di Mesir adalah contoh yang sangat baik.

Beberapa kunci rahasia kemenangan Yusuf atas godaan itu adalah:

1. Menjaga Hati Nurani.
Hati nurani membuat kita melakukan yang benar meskipun kita akan rugi. Kita menolak dosa dengan harti nurani. Jika kita berbuat dosa,

Hati nurani kita akan menderita. Pertobatan dari dosa akan memulikan hati nurani kita kembali. Hati nurani adalah dasar dimana iman akan berdiam.

Juka hati nurani kita lemah, Iman kita juga akan menjadi lemah. Seorang yang menolak hati nuraninya akan menganaskan Imannya (1 Timotius 1:19).

Iman terbentuk dan bertumbuh berdasarkan hati nurani. Dengan di pimpin hati nuraninya, seorang percaya kepada Yesus dan bertobat dari dosa-dosanya karena itulah yang benar.

2. Takut Akan Allah.
Maksud dari takut akan Allah yaitu suatu rasa ketakutan jika diputuskan dari kasih karunia dan kasih sayang Allah.

Seorang yang telah menerima kasih karunia dan kasih sayang Allah dalam hidupnya tidak hanya memiliki sukacita, tetapi juga rasa takut kehilangan akan hal itu, sebab itu berarti kebinasaan baginya (Ulangan 30:20).

Orang yang takut akan Allah selalu mempertimbangkan dan mendasarkan apa yang akan dia perbuat kepada kehendak Allah. Sebab kalau tidak dia akan kehilangan kasih karunia dan kasih sanyang Allah inilah yang membuat dia selalu mengutamakan kepada kehendak Allah.


3. Menghindari Dosa.
Menghindari tidak berarti lari dari kenyataan namun beberapa dosa dapat di kuasai dengan menghindarinya. Yusuf sadar bahwa secara manusiawi dia tidak akan mampu mengatasi godaan dari isteri Potifar.

Maka cara yang dia tempu untuk mengalakan godaan itu ialah dengan melarikan diri sejauh mungkin ( ayat 12). Demikianpun kita, jika kita sadar bahwa kita tidak akan mungkin sanggup melawan godaan itu sebagainya kita menjauhinya.

Ada bebrapa hal pencobaan secara manusiawi sulit untuk di lawan, sehinga yang perlu kita lakukan adalah:
Perma: Menjauhi nafsu orang muda (2 Timotius 3:22)
Kedua: Menjauhi pemikiran yang tamak akan materi (1 Timotius 6:11),
Ketiga: Menghindari pencoban yang terus datang secara rutin,
Keempat: Menghindari pencobaan yang dapat membuat tersesat, yaitu keserakahan, Kemarahan dan seksual.

4. Keputusan Tanpa Takut Akan Manusia.
Rasa takut kepada menusia akan menjerumuskan diri ke dalam dosa. Dalam sebuah pertandingan rasa takut bisa menjadi penyebab kekalahan sebelum pertandingan di mulai.

Yusuf meninggalkan isteri Potifar tanpa takut akan akibat atau kerugian yang akan menumpanya. Akibatnya dia difitnah dan masuk penjara. Tetapi Allah menyertai Yusuf selama berada di penjara, mengeluarkan dari penjara dan meninggalkanya di Mesir.

Demikianlah Allah menyertai orang yang diperlakukan secara tidak benar, dan Ia sangat berkenaan kepada orang-orang yang takut akan Allah sehinga ia tidak berbuat dosa.

Kesimpulan:
Saudara-saudara apabila kita masih memiliki hal-hal yang berhubungan dengan ganguan pencobaan, singkirkan semunya itu dengan iman. Dan siap untuk menjaga hati nurani kita sambil berusaha untuk menghindari dosa. Jangan takut kepada manusia, Tapi takutlah akan Allah. Tuhan Memberkati. Amin.







1 komentar:

Kunci Kemenangan Atas Pencobaan